Mimin kali ini akan posting pengalaman pribadi niih, tentang keikutsertaan dalam program pertukaran yang dilaksanakan oleh Bina AntarBudaya. Sebenernya, mimin cuma iseng iseng datang ke ruang sosialisasi pertukaran pelajar di Aula sekolah karena mimin tau dari guru mimin yang menginstruksikan *ceilee susah amat ketiknya* kepada tiap kelas kalau ranking 1 sampai 5 harus naik ke atas, selain itu gak boleh *wtf banget deh*. Nah, tiba-tiba guru bahasa inggris mimin yang bernama Pujo Astanto masuk dan bilang "Nak, yang merasa bahasa inggrisnya bagus, silahkan naik keatas" Pertamanya sih, aku gak ngerespon karena terjadi "Diskriminasi" disini :( tapi, temen aku sih namanya raiyan (cewek) nyuruh aku buat ikutan-_- "ngejek kali ya ni anak" pikirku-_-Tibalah di ruang sosialisasi yaitu di Aula Sekolahku SMAN 1 Lhokseumawe. disini kami dijelaskan panjang lebar tentang program intercultural learning ini. Dan disini aku kehilangan semangat karena melihat saingan dan biaya yang tidak sedikit apabila mengikuti program AFS, ada juga kok yang full Beasiswa, nama programnya YES, tapi itu saingannya bejibun gak bisa diitung deh-_- tapi aku tetep disemangatin, dan akhirnya aku beli pin pendaftarannya sebesar RP 50.000,-


Sebelum aku ngebahas tentang seleksinya, aku pengen bahas tentang persiapanku untuk seleksi ini dulu ya! Oke, dari jauh-jauh hari temen temenku itu (yang pada ikutan juga) mulai ngumpulin berita-berita dari Bulan Desember sampai Bulan April ini. Aku sih googling beberapa hari cuma buat baca-baca aja. Sebenernya gak ada persiapan khusus karena aku juga gak terlalu peduli dengan tes ini-_- bermodalkan kaskus dan paketan internet hape. Aku juga sering baca-baca berita detik.com Jadi sekalian aku twitteran, sekalian aku ngepo juga tweets-tweets mereka. 


TAHAP PERTAMA
Minggu, 28 april 2013 Bertempat di Pesantren Jeumala Amal, Pidie Jaya. Aku berdomisili di Lhokseumawe dan berangkat ke venue dengan menumpang mobil temenku namanya Masyitah Febrina dan butuh 3 jam untuk sampai ke tempat seleksi. alhasil aku nginap dirumah temenku namanya Fachri biar sekalian berangkat ke rumah masyitah dan menumpang mobilnya. setelah nyampe, Aku cuma tau beberapa orang disana *karena perwakilan sekolah cuma 4 orang yang ikut-,-* dan mereka semua yang ada disana mulai buka buku-buku dan hasil referensi belajar mereka. 

Aku? masa bodoh-_- aku gak tau ngapain waktu itu dan takut juga wkwk. Kami pun akhirnya masuk ke ruangan dan diberi semacam kata-kata pengantar gitu dan mulai ujiannya sekitar jam 8. 

Tes tahap I ini terbagi 3, yaitu :  Tes Pengetahuan Umum, Tes Bahasa Inggris dan terakhir, Tes Menulis Esai dalam Bahasa Indonesia.

Tes yang pertama dimulai. Tes kali ini mengenai Pengetahuan Umum, yang dibilang orang lain dan teman-temanku sangat susah. Bagiku sih, bukan sombong ya, tapi soalnya tidak terlalu susah. Yang buat susah itu 15 soal terakhir. Jadi, soalnya terdiri atas 100 soal. 85 soal pilihan berganda, sedangkam 15 soal lagi, kita akan diberi 4 pernyataan. Jika pernyataan 1,2,3 benar, pilihlah A. Jika pernyataan 1,3 benar, pilihlah B. Jika pernyataan 2,4 benar, pilihlah C. Dan terakhir, jika pernyataan 1,2,3,4 benar, pilihlah D. Ini sangat sulit bagiku karena semuanya serba gak pasti. Ini sama aja menurutku dengan soal esai di ujian-ujian yang ada di sekolah. 


Bagi kalian yang mau tahu soalnya, ini nih, aku kasih. Tapi gak terlalu lengkap sih. Soalnya, ini yang aku ingat-ingat aja.

1. Nama petenis wanita Indonesia yang sempat masuk peringkat ke-19 WTA

2. Cabang olahraga dimana Indonesia mendapat 1 medali perak dan 1 medali perunggu dalam Olimpiade London 2012

3. Nama panglima tertinggi angkatan bersenjata Indonesia

4. Laut yang tidak termasuk dalam Samudera Atlantik (pilihannya Laut Utara, Laut Tengah, Laut Baltik, dan Laut Karibia)

5. Negara-negara yang memakai bahasa Spanyol

6. Negara-negara pendiri ASEAN

7. Asal negara Sekretaris Jenderal ASEAN sekarang, Le Luong Minh

8. Kegiatan yang dilakukan saraf sadar

9. Tulang yang termasuk tulang pipa

10. Biografi Cut Nyak Dien

11. Profil negara Australia

12. Nama Presiden Korea Utara

13. Nama-nama yang pernah menjabat menjadi Presiden Amerika Serikat (Pilihannya, Barack Obama, Abraham Lincoln, George Washington, John Adams)

14. Dalam pemilihan Presiden AS antara Barack Obama dan Mitt Romney, Obama menang dan menjadi presiden ke-

15. Sebutan untuk jarak terdekat antara matahari dan bumi

16. Lapisan pembentuk matahari

17. Deret angka ke-8 (Maksudnya: 2,4,8,16,...,..... Angka pada deret ke-8 adalah...)

18. Jumlah deret angka (Maksudnya: 2,4,8,16,...,.... Jumlah angka deret 1 sampai ke-8 adalah...)

19. Film "Habibie dan Ainun" merupakan film yang menceritakan biografi tentang mantan Presiden Indonesia, yaitu

20. Kesebangunan

21. Pemanasan global

22. Samudra terluas

23. Negara yang memakai mata uang Euro

24. Satu-satunya negara ASEAN yang tidak memiliki wilayah laut adalah

25. Batas sebelah timur kawasan Asia Tenggara

26. Apabila mistar digosok ke rambut kering, lalu mistar didekatkan ke kertas, kertas akan lengket ke mistar tersebut, hal ini karena mistar bermuatan .... karena ...

27. Seleksi alam

28. Bentuk paruh dan kaki pada hewan merupakan jenis adaptasi...

29. Tahap-tahap pembebasan Irian Barat

30. Jenis-jenis adaptasi

31. Profil PBB

32. Planet Mars dikelilingi oleh planet ... dan ...

33. Sendi

34. Kata baku

35. Mengisi kalimat dengan preposisi

36. Lirik lagu "Syukur" (Nanti diberi liriknya dan yang ditanya judulnya)

37. Lirik lagu "Rayuan Pulau Kelapa" (Nanti diberi liriknya dan yang ditanya judulnya)

38. Pengertian musikalisasi puisi

39. Kalimat yang sesuai dengan tabel yang diberikan

40. Penulisan kata di- yang tepat

41. Kalimat yang mengandung kata homonim

42. Tempat pembuahan pada manusia

43. Hewan yang melakukan pembuahan di luar

44. Tempat penyimpanan sementara urine pada ginjal

45. Kata serapan Bahasa Indonesia yang berasal dari Bahasa Inggris

46. 5 imunisasi dasar

47. Kepanjangan BKKBN

48. Paus yang baru terpilih pada bulan Maret

49. Hewan yang hampir punah karena tingkat reproduksinya rendah

50. Pesta olahraga bagi negara-negara persemakmuran disebut

51. Hudoq adalah

52. Ibukota di semenanjung utara Benua Eropa 

53. Sifat uang yang cocok beredar di masyarakat

54. Rantai makanan

55. Sudut yang sama pada suatu bangun datar

56. Aku lupa gimana soalnya, yang pasti ada tentang jumlah mata uang yang beredar gitulah. Maksudnya mengenai inflasi gitulah.

57. Pesawat yang dibuat Indonesia dengan CASA dari Spanyol tahun 1980-an 


Tes yang kedua. Disini aku depresi banget sama soal bahasa inggris yang terakhir-terakhir, karena vocab ku gak terlalu banyak sih, jadi aku sarananin buat yang mau ikutan tes ini, kalian rajinrajin lah KEPO terhadap kosakata terbaru yang kalian temui-_-


Tes yang terakhir hari itu. Tes Menulis Esai. Di situ, kami disuruh memilih satu topik untuk dibuat menjadi sebuah karangan esai dalam kertas polio, minimal 2 halaman. Topik yang diberi ada 3, yaitu:
1. Jika kamu sebagai orangtua, apa yang akan kamu berikan nasihat kepada anak kamu?
2. Jika kamu seorang Walikota/Bupati sebuah daerah, apa kebijakan yang kamu buat untuk mengembangkan daerahmu?
3. Bagaimana kamu membangun kehidupan dan masa depanmu, jika kamu adalah seorang arsitek kehidupanmu? 

Aku langsung pilih nomor 2 dan bercerita panjang lebar dengan lancar *Serasa Kampanye-_-*


Hari pengumuman, Sabtu 11 mei 2013Aku dinyatakan lulus seleksi tahap pertama. dari 4 orang perwakilan sekolah, Fanita Khairani Gugur dan menyisakan 3 perwakilan SMAN 1 Lhokseumawe.


TAHAP KEDUA

Dilaksanakan: Minggu 19 Mei 2013

Aku berangkat ke Banda Aceh dan menginap dirumah Om ku. Aku berangkat dengan Fachri lagi walaupun dia tidak ikut-_-
Aku tes di shift 2 dan menunggu beberapa menit untuk dipanggil keruang Interview di SMAN 2 Banda Aceh. Sebelumnya, pada tahap ini ada 2 pengujian yaitu :

Wawancara Bahasa Inggris.
 Aku dipanggil untuk diwawancara oleh 2 orang Bule. 1 cewek dari Perancis, yang satunya lagi cowok dari Cleveland, Amerika. Wawancaranya tidak terlalu ‘mengerikan’ sih, tapi benar-benar membuat keringat dingin mengucur deras. Hehe. Pertamanya memang hanya disuruh memperkenalkan diri saja. Namun, ketika kamu menyebut hobi atau cita-cita, pasti bakal ditanyain macem-macem. Misalnya, eh kok kamu pengen jadi dokter sih? Kenapa nggak yang lain? Jadi dokter itu kan susah. Kuliahnya lama. Belum tentu sukses lagi. Terus, kalo besok nggak ada orang yang sakit lagi, kamu mau ngobatin siapa? Atau kamu akan selalu berdoa supaya banyak orang sakit biar kamu dapet duit gitu? Pokoknya pertanyaan yang sulit untuk dijawab deh. Dan setiap kamu menjawab pertanyaan dari sana pasti akan disanggah terus. tapi disini aku berusaha terus bercerita apa yang membuat mereka menarik hehehe

Wawancara Kepribadian.
 Aku ngelanjutin wawancara Kepribadian dalam Bahasa Indonesia dan bercerita banyak tentang essai yang aku tulis di tahap pertama seolah-olah aku memahami betul masalah negara ini. aku juga cerita tentang ke-liberalan-ku sama mereka. its fine, mereka gak ada masalah sama itu. Dan aku adalah peserta wawancara kepribadian paling lama hari itu *kata pewawancara saat tahap 3*

Hari itu aku kembali ke tempat Fachri dan kami berkeliling ibukota dengan Uang yang berlimpah \^^/

Hari Sabtu, 25 Mei 2013 Pengumuman pun datang, dan aku kembali lolos!!Tersisa 2 dari SMAN 1 Lhokseumawe, Fazrina Nabillah telah gugur :(

 cek disini http://binabudaceh.blogspot.com/2013/05/hasil-seleksi-tahap-ii-yp-14-15.html

Dan disitu, aku gak langsung pulang. Aku masih harus menunggu kontingen dan bertanding di kompetisi Liga Basket Pelajar Terbesar di Indonesia, DBL (Development Basketball League) atas nama SMAN 1 Lhokseumawe

TAHAP KETIGA

hari tes : Minggu, 9 Juni 2013

Aku kembali berangkat ke Ibukota Aceh, bersama Fachri lagi-_-hari itu, aku berangkat 2 hari sebelum tes. Aku nyempatin diri ke musium Tsunami untuk pertama kali._. dan musiumnya itu KEREN (y) hehehe

back to the topic, Nah disitu kami (oleh pihak Bina AntarBudaya) dibagi dalam beberapa kelompok dalam bentuk negara. dan setiap kelompok diberi waktu 3 jam untuk mempersiapkan stand untuk mengenalkan negara-negara tiap kelompok.
sebelumnya, malam sebelum tes, kami (kelompokku negara Jepang) ngadain rapat di DhapuKupi Sp. Surabaya gimana persiapan untuk besok.

Nah, pas hari H, itu bener-bener bikin ceria. disitu aku bisa kenal dengan temen-temen dari berbagai kota di Aceh. Kami diberi waktu 3 jam untuk membuat sebuah stand yang kemudian akan di presentasikan didepan kelas.

selang waktu, Aku dipanggil untuk mengikuti tes Dinamika Kelompok! *tes yang sebenarnya* nah, disini aku mohon maaf banget gak bisa diceritain karena udah ada kesepakatan gak boleh ceritain bagian ini heheh ._.v

waktu presentasi pun dimulai, dan kami melakukan segalanya dengan Lancar!! bahkan kelompok kami menjadi kelompok terbaik di waktu itu. hehehe :D
Thanks for sweet memories guys Natha Bella, Muhammad Alvin Falha Mirza, Abigail Allegra, dan Bobby Mirza!!

hari pengumuman Finalis pun datang!!Nah disini aku galau abis nungguinnya akhirnya datang juga.
AKU LOLOS SEBAGAI FINALIS!! bersama 15 orang lainnya dari ACEH dari ratusan siswa yang telah mendaftar. tapi, perwakilan SMAN 1 Lhokseumawe hanya Aku, Eva Zuliya gugur di tahap ini :'(

cek disini teman FINALIS CHAPTER ACEH dan masuk Koran guys :'))
Selesai sudah ceritaku teman teman :)

 buat yang mau ikutan aku sarankan tetep semangat ya!!  GANBATTE!!

40 komentar

  1. Hebat dek. Semangat ya :)
    biar taun depan ada lg dari lhokseumawe :D

    amel

    BalasHapus
  2. Hehehe makasih kak amel, btw kapan nih berangkat ke amrik?

    BalasHapus
  3. keren keren :D kakak juga pengen ngepost di blog tentang pengalaman seleksi tapi belum sempat2 *berasa sibuk
    haha.. btw itu di korannya ada nama kami juga loh :D hahaha

    semangat ya Azizul ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduuh, perwakilan aceh dateng niih, hehehe.. Ayooo kak, ntar di Ohio jangan lupa ngepost yaa!! ditunggu loh.
      siipsip, thankyou kak :D

      Hapus
  4. hai mau tanya kalo ikut program ini nanti pas balik ke indinesia sekolahnya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsekuensinya yaa, kamu harus tinggal kelas. yaa, gakpapalah, pengalaman kayagini gabisa didapatkan diwaktu lain, jadi selamat mencoba! :)

      Hapus
  5. terima kasih kakak atas gambaran soal seleksi , saya adalah peserta yang mengikuti pertukaran pelajar ini , berkat gambaran ini saya benar-benar terbantu

    BalasHapus
  6. kira-kira berapa persen kakak bisa menjawab soal pengetauan umum

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo emang Adik banyak membaca, dan banyak ngikutin pelajaran smp, pasti ngena lebih dari 60% hehee

      Hapus
  7. jd kakak ikut nyampe seleksi nasional?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, sayangnya gaklulus waktu seleksi administrasi, tapi gapapalaah

      Hapus
  8. Keren.
    Kan udah lolos seleksi tahap 3 nih, langsung berangkat atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah tahap 3, ada seleksi administrasi nasional dan seleksi nasional. nah gak lulusnya di seleksi administrasi

      Hapus
  9. Gimana bg caranya dapat temen yang sama dengan si bg fahri itu?-..- ada gak ya yang setia kemana" di temenin selalu?-..-

    BalasHapus
  10. Kak, aku pernah diceritain sama temen kalo tesnya itu ada kayak tes kebudayaan. Jadi Kita harus menguasai salah satu kebudayaan gitu. Itu bener gal oak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak juga sih. kalo kita udah dipastikan lulus, baru kita disuruh belajarmengenai kebudayaan negara tujuan

      Hapus
  11. bg, kok bisa ga lulus di seleksi administrasi?._. whats wrong?:o

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abg mungkin kurang teliti masukin data waktu pengisian formulir. dan juga mungkin kurang menarik

      Hapus
  12. kira kira peserta YES sama AFS lebihbanyak mana? '-'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas lebih banyak YES dong. soalnya program YES itu kan full scholarship. tapi untuk beberapa daerah, ada yang khusus program AFS aja, kayak banjarmasin

      Hapus
  13. mau nanya nih bg, kalo program YES itu kan full bea siswa, jdi ndk perlu ngeluarin biaya dong? terus setiap tahun ujian testnya berbeda ndk so'alnya atau sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap. Benar sekali.. tapi biaya sehari hari seperti uang jajan dan uang uang kebutuhan pribadi tidak difasilitasi oleh program ini, hehe

      Hapus
  14. makasi ya bg 100 soalnya



    siswa dayah modern arun (makasi ya kunjungannya tadi pagi)

    BalasHapus
  15. Kak kalo ikut dan lulus program afs harus tinggal kelas? Emmg kita jado volunteer disana berapa bulan? Saya niat mau ikut tapi pribadi bukan dari sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai dissa.
      Iyaa nih, konsekuensi kalo kita udah lolos dan kita ikut program ini ya harus tinggal kelas. tapi gapapa kok, namanya juga pengalaman, gabakal nyesel deh. bisa kontak ke ask.fm/azzlamr kalo mau tau info lebih lanjut

      Hapus
  16. itu pertanyaan 1-57 pg semua kan?

    BalasHapus
  17. Kak seleksi administrasi sama seleksi nasional itu seleksinya gimana ya kak? Hehe makasi ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. seleksi berkas itu seleksi terhadap berkas yang telah kamu kirim sebelumnya dari tahp 1 s/d hap 3 yg dilakukan oleh panitia pusat. nah kalo seleksi nasional itu kita diberangkatkan ke jakarta untuk seleksi yang real, katanya sih all in english dari tahap 1 s/d 3 kita lakuin lagi di jakarta. dari semua daerah bakal ngumpul tuh ke jakarta

      Hapus
  18. bantu jawab ya.itu seleksi berkas2 gitu. kalo nasional tes eltis,wawancara,psikologis,dll

    BalasHapus
  19. Kak, boleh minta alamat sosial media nya ga? Fb atau twitter gitu..
    Soalnya mau tanya bnyak ttg murid pertukaran ini~
    [juga thx buat pengalaman yang telah dimuat] ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kok dik. Line/twitter/ask.fm/instagram bisa ke @Azzlamr

      Hapus
  20. kuota penerimaan YES pada suatu negara biasanya berapa orang kak,terimakasih

    BalasHapus