Hai sobat, udah lama nih gak ngepost. kali ini mungkin aku mau bagikan esai ku tentang investasi. so, Cekidut!






Mempersiapkan masa depan guna menata kehidupan di masa mendatang, merupakan suatu hal yang sebenarnya malas untuk kita pikirkan. Ketika kita sudah menikah, memiliki anak dan membesarkannya. Namun, apa jadinya apabila anak-anak cucu kita tidak mendapat persiapan untuk memperoleh pendidikan yang biayanya tidak sedikit itu? Tanpa persiapan finansial yang baik, kita akan merusak jalan akan masa depan kita. Maka dari itu, ada baiknya kita menabung dan mulai berinvestasi dari sekarang.
Di zaman yang serba instan ini, semua orang mencoba meraih kekayaan dengan cara se instan mungkin. Nah, persiapan-persiapan yang juga harus memadai untuk melakukan sederet investasi kecil-kecilan sampa yang besar sekalipun. Yakni utamanya adalah tabungan yang memadai. Namun, bermain investasi juga dapat membangkrutkan kita dalam sekejap apabila tidak mengerti aturan main yang berlaku. Maka dari itu, persiapan pengetahuan tentang investasi serta memahami dan mentaati aturan-aturan main yang berlaku merupakan hal yang mendasar bagi para investor dalam mencapai kesejahteraan.
Kita dapat memulai berinvestasi dengan menentukan tujuan investasi yang ingin kita jalankan. Apakah yang dapat dicairkan dalam keadaan darurat, prioritas keamanan yang tinggi, profit tinggi ataupun cepat berkembang. Setelah penentuan tujuan investasi, barulah kita dapat memilih dari beberapa pilihan investasi yang saya kira akan sangat cocok bagi kita untuk memulainya.
1.      Reksadana
Menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) “Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa sahamobligasipasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya.”
Dalam memulai investasi reksadana ini, kita hanya perlu menyetorkan sejumlah uang kepada pengelola reksadana atau fund manager agar dibelikan sejumlah saham yang bagus misalanya saham astra, saham BRI dan lain-lain, dengan harapan nilai dari saham yang dibeli akan bergerak naik setiap waktunya.
Untuk di Indonesia sendiri, industri reksadana sedang berkembang dengan pesatnya. Bahkan ada banyak produk reksadana yang mampu memberikan imbalan 4 kali lipat dalam lima tahun terakhir. Meski begitu, maraknya penipuan berkedok investasi alias investasi bodong ikut mempengaruhi hal tersebut yang membuat masyarakat enggan menanamkan uangnya.

2.      Properti
Investasi properti adalah salah satu investasi yang paling dilirik khususnya di Indonesia, betapa tidak? Coba sekarang anda menonton televisi dan mengganti-ganti channel di setiap jam makan siang. Pastinya anda akan properti-properti mewah seperti real estate, apartemen, rumah toko dan sebagainya. Sekarang coba anda imajinasikan ini. Anda memiliki tiga unit rumah kantor dan satu unit rumah toko di sebuah kawasan srategis dan memiliki nilai sewa enam juta perbulan untuk setiap rumah kantor dan tiga juta perbulan untuk rumah toko anda. Bayangkan berapa jumlah pemasukkan uang anda dengan cara ‘tidak bekerja’ ini? Yaitu sekitar duapuluh satu juta perbulan. Sungguh menyenangkan bukan? Namun, bagaimana kita dapat merealisasikannya? Tentu saja semua properti yang kita bayangkan tadi tidak semudah membalikkan tangan untuk mendapatkannya. Kita harus bekerja keras dan memulai dari satu rumah toko, kemudian hasil dari jasa sewa sebuah properti ini, kita dapat menyicil untuk pembangunan properti selanjutnya dan selanjutnya.
Setelah saya bertanya kepada orang tua saya, bagaimana cara mendapatkan uang untuk membeli properti pertama, saya mendapat jawaban yang sangat memuaskan. Cara untuk memulai membeli ruko yang pertama simpel : ambil kredit KPR dari bank untuk membeli ruko, dan kemudian ruko itu segera kita sewakan. Nah uang hasil sewanya ini langsung kita setor untuk melunasi kredit setiap bulannya. Selesai dah. Dalam beberapa tahun ruko itu akan lunas kreditnya, dan resmi menjadi milik kita, tanpa kita mesti terlalu banyak keluar dana investasi.

3.      Waralaba
Waralaba/Franchise merupakan suatu usaha yang berhak menjual produk ataupun jasa maupun layanan sebagai suatu output dari usaha waralaba itu sendiri.
Pernahkah anda menonton film thailand yang berjudul “The Billionaire”? Hahaha, tentunya film itu akan anda jadikan referensi ketekunan bagi anda yang tertarik pada investasi di bidang waralaba. Dalam perkembangannya, industri waralaba di Indonesia menjadi primadona dan banyak diikuti oleh masyarakat khususnya remaja yang sudah tergerak hatinya untuk mencari uang.
Dengan modal mulai dari sepuluh juta,  kita sudah bisa memulai usaha baru. Tawaran produknya pun bermacam-macam : mulai dari usaha cemilan makanan, minuman ringan, hingga jasa pendidikan. Tentunya kalau kita dapat memilih lokasi dan tempat pemasaran yang srategis, keuntungan yang didapatpun akan terjamin.
4.      Emas
Jika investasi emas adalah pilihan Anda dalam berinvestasi, maka memahami grafik harga emas adalah hal yang sangat  penting untuk menjadi acuan Anda dalam berinvestasi. Dengan mengetahui grafik kenaikan harga emas, Anda akan mampu merencanakan strategi investasi dan membuat keputusan berinvestasi yang tepat.
Karena investasi di bidang ini merupakan investasi yang paling tradisional di antara ketiga pilihan yang saya sebutkan diatas. Hanya dengan mengamati dan pekerjaan pasif anda dapat mendapat keuntungan namun juga bisa merugikan. Oleh karena itu, pandai-pandai lah anda membeli emas dan rajin-rajinlah mengamati grafik harga emas, agar tidak merugi di kemudian hari.

Intinya, apapun pilihan investasi yang akan kita lakukan dimasa mendatang, ada baiknya kita melakukan perencanaan keuangan yang baik, sehingga aktivitas ini berjalan tanpa kendala. Apabila persiapan, ketelitian dan tak mampu membendung kesabaran, maka cepat atau lambat, usaha investasi yang anda bangun akan segera merugi. Jadi, berinvestasilah mulai dari sekarang agar tidak menyesal di masa depan nanti!

7 komentar

  1. pencerahan yang bagus thanks

    BalasHapus
  2. Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi
    hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun
    profit,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsasian.com
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
    3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
    4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
    5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL
    Indonesia dan banyak lagi yang lainya
    Buka akun anda di fbsasian.com
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : fbs2009

    BalasHapus
  3. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk investasi yang lebih besar? Pinjaman untuk ekspansi bisnis? Pinjaman untuk investasi baru? Pinjaman untuk melunasi utang jangka panjang dan tagihan. Cari tidak lebih, kita pemberi pinjaman dalam hubungannya dengan bank dan jaminan penawaran yang transparan, menawarkan pinjaman dengan bunga rendah, non agunan. Kami di sini untuk menempatkan dan mengakhiri kemiskinan dan pengangguran, karena setiap orang memiliki / potensi sendiri. Hubungi kami hari ini dan Anda akan menjadi salah satu pelanggan kami yang terhormat. Email: gloryloanfirm@gmail.com Terima kasih sudah datang.

    BalasHapus
  4. KABAR BAIK

    Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 400 juta rupiah (Rp400.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  5. Halo

    Saya ingin memberi tahu Anda tentang perusahaan pinjaman online yang dapat dipercaya dan bagaimana mereka mengasuh saya secara finansial

    Beberapa kali saya telah mengajukan permohonan pinjaman online karena persyaratan pinjaman bank di luar saya sehingga saya online adalah saya bertemu banyak pemberi pinjaman dengan janji manis membantu saya dengan pinjaman tetapi mereka semua gagal dan membuat kondisi saya bahkan terburuk

    Jadi suatu hari saya melihat kesaksian (Efendi Queen Lisa) bersaksi tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND kepada saya itu normal karena ada begitu banyak kesaksian palsu online tetapi roh saya mengatakan kepada saya untuk mencoba perusahaan sehingga saya dihubungi (Ny. Efendi) dia menceritakan bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari perusahaan dan dia memberi saya kepercayaan diri sehingga saya menghubungi perusahaan tersebut dan mereka menyambut saya dan dan saya mengikuti prosedur peminjaman mereka dan kepada saya beberapa hari setelah saya mendapat pinjaman dari Jadi saya menghubungi (Ny. Efendi) dan menyatakan rasa terima kasih saya kepadanya dengan memberinya uang, tetapi dia menolak dan mengatakan kepada saya untuk pergi dan mengurus masalah keuangan saya.

    Jadi di sini untuk memberitahu semua orang untuk menjadi bijaksana karena mereka mengajukan pinjaman online karena ekonomi Indonesia sulit bagi seseorang untuk mengambil sedikit yang saya miliki dengan trik jadi saya katakan kepada Anda menjadi bijaksana
    Jika Anda menginginkan pinjaman asli, silakan hubungi perusahaan

    ## ONE BILLION RISING FUND
    ## onebillionrisingfund@gmail.com


    Hubungi saya @ J Stephanie
    stephanie2steph@gmail.com

    BalasHapus
  6. Halo

    Saya ingin memberi tahu Anda tentang perusahaan pinjaman online yang dapat dipercaya dan bagaimana mereka mengasuh saya secara finansial

    Beberapa kali saya telah mengajukan permohonan pinjaman online karena persyaratan pinjaman bank di luar saya sehingga saya online adalah saya bertemu banyak pemberi pinjaman dengan janji manis membantu saya dengan pinjaman tetapi mereka semua gagal dan membuat kondisi saya bahkan terburuk

    Jadi suatu hari saya melihat kesaksian (Efendi Queen Lisa) bersaksi tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND kepada saya itu normal karena ada begitu banyak kesaksian palsu online tetapi roh saya mengatakan kepada saya untuk mencoba perusahaan sehingga saya dihubungi (Ny. Efendi) dia menceritakan bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari perusahaan dan dia memberi saya kepercayaan diri sehingga saya menghubungi perusahaan tersebut dan mereka menyambut saya dan dan saya mengikuti prosedur peminjaman mereka dan kepada saya beberapa hari setelah saya mendapat pinjaman dari Jadi saya menghubungi (Ny. Efendi) dan menyatakan rasa terima kasih saya kepadanya dengan memberinya uang, tetapi dia menolak dan mengatakan kepada saya untuk pergi dan mengurus masalah keuangan saya.

    Jadi di sini untuk memberitahu semua orang untuk menjadi bijaksana karena mereka mengajukan pinjaman online karena ekonomi Indonesia sulit bagi seseorang untuk mengambil sedikit yang saya miliki dengan trik jadi saya katakan kepada Anda menjadi bijaksana
    Jika Anda menginginkan pinjaman asli, silakan hubungi perusahaan

    ## ONE BILLION RISING FUND
    ## onebillionrisingfund@gmail.com


    Hubungi saya @ J Stephanie
    stephanie2steph@gmail.com

    BalasHapus
  7. Thanks buat pencerahannya. Oiya ngomongin investasi, ada juga loh investasi yang punya prospek oke buat masa depan kamu. Namanya P2P Lending. Kalo kamu penasaran bisa cek di sini ya: prospek peer to peer lending

    BalasHapus